A Simple Key For pembagian harta gono gini Unveiled

Wiki Article

Perlu diketahui bahwa istilah ‘harta gono-gini’ ini tidak dikenal dalam hukum. Namun, jika merujuk pada definisi di atas, harta yang berhasil dikumpulkan selama berumah tangga dikenal dalam hukum dengan istilah harta bersama. Hal ini sebagaimana diatur dalam Pasal 35 ayat (1) UU Perkawinan

Dalam hal proses pembagian harta bersama (gono – gini) diserahkan kepada pihak suami dan istri, maka pembagian harta bersama dari tiap pasangan yang bercerai bisa berbeda-beda. Hal tersebut sah dilakukan sepanjang menemukan kata sepakat.

three. Mengenai permasalahan mengenai cara pembagian harta warisan dari kakak laki-laki ayah Anda kami kembali merujuk pada aturan-aturan dalam KHI.

Hal pertama yang penting untuk diperhatikan ialah Perjanjian Perkawinan. Saat mengurus pembagian harta, Anda harus melihat apakah terdapat perjanjian perkawinan mengenai pemisahan harta benda antara suami dan istri.

“Sejak saat dilangsungkan perkawinan, maka menurut hukum terjadi harta bersama menyeluruh antara suami istri, sejauh tentang hal itu tidak diadakan ketentuan-ketentuan lain dalam perjanjian perkawinan.

Pada agama Katolik yang tidak mengenal perceraian, urusan mengenai pembagian harta bersama dapat dilakukan melalui proses perdata walaupun perceraian mereka dianggap tidak sah.

Harta masing-masing suami atau istri yang diperoleh melalui warisan atau hadiah dalam perkawinan. Hak terhadap harta benda ini sepenuhnya ada pada masing-masing suami atau istri.

Tentu hal ini sangat menyulitkan Anda yang sudah bercerai, sehingga pembagian harta gono-gini setelah perceraian sudah menjadi kewajiban bagi suami istri yang sudah/akan bercerai.

pembagian harta gono gini Dari uraian di atas, ayah Anda menjadi ahli waris dari paman Anda berdasarkan hubungan darah (pasal 174 ayat [one] huruf b KHI). Sedangkan, Anda dan kakak tiri Anda ikut memperoleh warisan dari paman Anda kemungkinan sebagai golongan ashabah yaitu ahli waris yang mendapatkan sisa harta warisan pewaris setelah harta warisan tersebut dibagikan kepada golongan ahli waris pertama.

Sementara itu, pembagian harta bersama bagi suami atau istri yang istri atau suaminya more info hilang perlu ditangguhkan sampai adanya kepastian matinya yang hakiki atau secara hukum atas dasar putusan Peradilan Agama.

Sehingga jika Anda memutuskan untuk bercerai, maka terhadap harta tersebut harus ditentukan pembagiannya.

three min Perceraian adalah proses yang sulit dan kompleks bagi pasangan yang telah menikah. Salah satu aspek yang penting untuk dipertimbangkan adalah pembagian harta bersama.

Harta yang diperoleh pada masa perkawinan itulah termasuk dalam kategori harta bersama. Harta bersama inilah yang bisa digugat dalam urusan gono-gini.

Notaris perlu untuk melakukan pengecekan dengan saksama, khususnya mengecek tanggal perlehan objek harta.

Report this wiki page